7 April 2011

Install Adobe AIR di Fedora 14

Oke, ceritanya kemarin dan hari ini aku ikut melakukan tes sebuah applikasi desktop. Applikasi tersebut berfungsi sebagai perambah yang nantinya digunakan di sisi pelanggan untuk menikmati konten multimedia juga beberapa layanan berbayar terintegrasi lainnya. Sebagai prasyarat instalasi, applikasi itu membutuhkan Adobe Flash Player dan Adobe AIR.

Adobe Integrated Runtime, also known as Adobe AIR, is a cross-platform runtime environment developed by Adobe Systems for building Rich Internet Applications (RIA) using Adobe Flash, Adobe Flex, HTML, and Ajax, that can be run as desktop applications.

Nah, instalasi si Adobe Air tadi sedikit menyebalkan, terutama saat mencari paket dependensinya. Opiniku, karena informasi error yang ditampilkan tidak begitu jelas alias ngajak tebak-tebakan gitu deh, hihihi. Jadi, mari mendokumentasikan proses instalasi Adobe AIR versi 2.6 di Fedora 14 (x86_64). Siapa tahu ada yang butuh. Yuk!

Pertama, sila mengunduh repo adobe-release. Pilih YUM pada menu pilihan "Select version to download" di http://get.adobe.com/air/. Kemudian lanjutkan dengan menginstallnya. Pada modus CLI di terminal, proses ini dirangkum sebagai berikut;

sudo rpm -Uvh http://linuxdownload.adobe.com/adobe-release/adobe-release-i386-1.0-1.noarch.rpm

Kemudian kita menginstall paket-paket dependensi yang diperlukan oleh Adobe AIR.

sudo yum install glibc.i686 dbus-glib.i686 hal-libs.i686 kdelibs3.i686 libXt.i686 libxslt.i686 libxml2-devel.i686 nss-devel.i686 rpm-devel.i686 gnome-keyring-devel.i686 gtk2-devel.i686

Terakhir, mari kita install Adobe AIR itu sendiri.

sudo yum install adobeair

Bonus, bila belum menginstall Adobe Flash Player, sekalian deh...

sudo yum install nspluginwrapper.i686 nspluginwrapper.x86_64 flash-plugin

Well, selesai sudah catatan kecil ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar