20 April 2010

Absurditas Paten Perangkat Lunak

Judul: Patent Absurdity: how software patents broke the system.
Sutradara: Luca Lucarini
Publikasi: PatentAbsurdity.com

Absurditas Paten: bagaimana paten-paten perangkat lunak merusak sistem. Merupakan sebuah film ringkas berdurasi setengah jam dengan tema penerapan paten pada perangkat lunak.

Film ini diangkat dari sejumlah wawancara. Sebuah film yang mengekplorasi kasus paten perangkat lunak dan perjalanan dari aktivisme yudisial yang memicu mereka—para aktivis perangkat lunak—kemudian bangkit. Efek samping tentang kerugian yang terjadi kepada pengembang perangkat lunak serta—secara umum—kerugian ekonomi yang lebih luas juga diulas didalamnya.

Film yang mulai dipublikasikan pada 16 April 2010 dan telah diputar di acara Connecticut Film Festival pada 4 s.d 9 Mei 2010 lalu, kini dapat anda tonton secara langsung dari situs webnya. Atau bila berkenan, anda dapat mengunduhnya untuk ditonton bersama orang-orang disekitar anda guna memberikan informasi tentang dunia perangkat lunak—lebih spesifik pada perangkat lunak bebas—disekitar kita.

Beberapa halaman dan pranala luar yang ditampilkan di situs wiki SWPat.org, memberikan informasi lebih jauh tentang topik yang dibahas pada film ini.

Akhirnya, saya sangat yakin, pun bila anda belum menemukan inti dari hal-hal yang coba diangkat dari beberapa wawancara yang disajikan, kemudian anda akan mendapatkannya dari beberapa analogi atau perumpamaan menarik, termasuk sebuah ilustrasi musik penutup berupa Symphony No. 5 karya Beethoven yang awalnya begitu indah dan sensasional menjadi hambar tak berseni sebagai gambaran akibat dari penerapan paten—bila saja itu terjadi—sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Stallman pada 2002, yang juga diangkat dalam film ini.